Berita Terbaru
Loading...
Sunday, March 29, 2015

Resep Alami Masakan Bayi Umur 6 Bulan

Resep Alami Masakan Bayi Umur 6 Bulan
Resep Alami Masakan Bayi Umur 6 Bulan - Bayi pada awal bulan tercukupi gizinya dengan ASI maupun bisa juga dengan susu formula, kurun waktu 6 bulan sang ibu tidak perlu merasa khawatir mengenai kecukupan zat besi bagi sang bayi, karena semua itu masih dapat tercukupi dengan pemberian Air susu ibunya. Perlu diketahui bahwa ASI dari sang ibu memang mempunyai peranan yang penting bagi bayi di awal bulan karena ASI merupakan bentuk susu yang paling disarankan dan dianjurkan untuk sang bayi.  karena ASI mempunyai banyak sekali kelebihan, ASI memiliki nutrisi yang seimbang dan kandungan antibodi alami yang baik untuk sang bayi. Baiklah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai resep alami masakan bayi umur 6 bulan.

Makanan Padat untuk Bayi Umur 6 Bulan
Umur yang sangat bagus ketika memperkenalkan makanan untuk sang bayi adalah ketika memasuki umur 6 bulan.Untuk menunjang perkembangan sang bayi, maka minuman susu saja tidak cukup bagi bayi oleh karena itu bayi perlu diperkenalkan makanan padat yang kaya nutrisi. Ketika bayi memasuki umur 5 sampai 6 bulan maka berat badan sang bayi akan bertambah hingga 2 kali lipat dari umur ketika dilahirkan, bahkan bertambah hingga 3 kali lipat ketika berumur 12 bulan.

Pada usia 6 bulan maka sang bayi perlu diperkenalkan dengan makanan padat yang kaya nutrisi, hal itu bisa dilihat ketika bayi memiliki tanda-tanda bisa mulai dikenalkan dengan makanan padat yang kaya nutrisi :
1. Bayi selalu merasa lapar walaupun telah diberi ASI oleh ibunya, maupun susu formula 250 ml sehari 4-5 kali
2. Bayi terbangu  tengah  malam, padahal dia sebelumnya tertidur lelap
3. bayi mulai memiliki kebiasaan memasukkan tangannya ke dalam mulut, ataupun mulai suka memasukkan barang ke dalam mulutnya.

Tahap mulai memperkenalkan makanan padat kepada Bayi umur 6 bulan
Tahap awal ketika anda mulai memperkenalkan makanan padat kepada bayi adalah pertama kali dengan memperkenalkan bubur yang halus sebelum memperkenalkan bubur yang padat dan akhirnya bisa menyantap makanan keluarga ketika sudah memasuki umur 12 bulan.

Anda bisa mencobanya dengan memberikan porsi makan kecil pada waktu pagi hari dan juga porsi makan ke dua berlahan-lahan, untuk porsi makan ke 3 bisa anda berikan setelah bayi memasuki umur 7 bulan.

Tekstur Makanan.
Anda perlu memperhatikan tekstur makanan yang akan anda berikan kepada sang bayi terutama ketika baru berusia 6 bulan, hal ini penting karena bila terlalu padat/ kasar maka bayi akan kesulitan untuk menelannya. Ibu bisa memberikan bubur beras atau kentang saring yang sangat lembut, Kemudian perlahan bisa beralih ke bubur pir atau apel.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan kepada ibu ibu yang memiliki bayi umur 6 bulan mengenai resep masakan bayi umur 6 bulan.

1. Bubur Brokoli dan Kentang.
1 porsi mempunyai kandungan gizi : energi 65 kkal, protein 2 gram, lemak 1,5 g, karbohidrat 20g.
-Bahan yang perlu disiapkan : 
Bahan : · 60 gram kentang, kupas dan potong dadu , 3 kuntum kecil brokoli, 3 sdm air matang atau ASI.
-Cara membuatnya adalah pertama-tama kukus kentang dan brokoli hingga empuk kemudian Setelah agak dingin blender hingga lembut. lalu tuang ke dalam mangkuk jangan lupa tambahkan air atau ASI untuk mengencerkan, aduk hingga rata.


2. Bubur Susu Beras Merah
Kandungan gizi per porsinya adalah:  Energi : 80 kkal, Protein : 2 gram, Lemak : 0,5 gram, Karbohidrat : 19 gram
-Bahan yang perlu disiapkan:
· 40 gram beras merah, rendam, tiriskan, haluskan, dan ayak · 250 gram kaldu kaki ayam · 2 takar susu formula lanjutan, larutkan dalam 90 ml air hangat atau 100 ml ASI · 20 g pisang ambon, keruk dan haluskan.
Cara Pembuatan :Campur tepung beras merah dengan kaldu ayam, aduk rata. Jerang di atas api sambil diaduk hingga matang. Angkat Kemudian Tambahkan susu formula atau ASI, aduk rata. Tambahkan pisang, aduk kembali lalu berikan pada bayi selagi hangat.

0 comments:

Post a Comment