Berita Terbaru
Loading...
Saturday, October 4, 2014

6 Macam Aneka Perlengkapan Bayi Baru Lahir

5:55 AM
6 Macam Aneka Perlengkapan Bayi Baru Lahir
Ketika usia ibu hamil memasuki usia trisemester 3 maka pada masa itu merupakan masa kegembiraan pada ibu hamil dan juga merupakan puncak masa kecemasan karena sudah mendekati persalinan. Tapi yang terpenting adalah ibu merasa gembira dan bahagia karena sebentar lagi ia akan menyambut kehadiran sang buah hati di dalam keluarganya. Tentunya kehadiran sang bayi akan sangat sangat dinantikan oleh keluarganya oleh karena itu perlu adanya berbagai macam persiapan diantaranya adalah dengan mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir

Pada umumnya ibu akan mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir pada usia ke 7 bulan, karena pada usia ini sudah bisa diketahui jenis kelamin dari sang bayi melalui tes USG. Waktu anda berbelanja perlengkapan bayi baru lahir maka anda perlu memilih jenis perlengkapan bayi baru lahir yang dianggap penting, hal itu bertujuan untuk meminimalisir pengeluaran biaya yang anda miliki.

Berikut ini adalah 6 macam aneka perlengkapan bayi baru lahir

1. Pakaian bayi

Ketika anda memilih pakaian bayi, maka kami menyarankan anda memilih baju bayi yang berbahan katun, karena bahan katun dapat menyerap keringat. Hindari bahan polyster, karena bahan polyster dapat menghambat penyerapan keringan, begitu pula dengan bahan nylon. Hindari juga penggunaan terlalu banyak aksesoris yang dapat menghambat pergerakan bayi serta bisa membuat iritasi pada bayi. Perlu anda ingat bahwa pertumbuhan bayi sangat cepat, sehingga anda tidak perlu memiliki jumlah pakaian bayi yang terlalu banyak dengan 1 ukuran, usahakan memiliki berbagai jenis ukuran dalam jumlah yang sedikit.  Untuk perlengkapan bayi baru lahir bisa terdiri atas celana panjang, baju lengan panjang, baju tanpa lengan, lengan pendek, jaket, kaos kaki dan kaos tangan.

2. Popok Bayi

bayi yang baru saja lahir maka akan sering sekali buang air besar maupun buang air kecil, oleh karena itu disini kami tidak menyarankan bagi anda untuk menggunakan popok sekali pakai, Solusinya adalah, gunakanlah popok yang terbuat dari bahan kain katun, serta ada talinya, sehingga dapat memberikan kenyamanan pada bayi anda, Untuk popok ini maka anda perlu menyiapkannya dengan beberapa lusin popok, karena popok disini sangat penting sekali dan hampir sering dipakai dan digunakan.

3. Perlak Bayi

Perlak digunakan sebagai alas tidur untuk buah hati anda, penggunaan perlak sebagai alas untuk tidur juga berkaitan dengan aktifitas buang air kecil pada bayi anda, karena intensitas nya akan sangat sering. Dalam penggunaan perlak usahakan menggunakan perlak bayi yang berukuran besar, sehingga dapat digunakan meskipun bayi anda aktif bergerak.

4. Gendongan bayi

Di dalam daftar belanja anda maka jangan sampai terlewatkan list gendongan bayi, karena alat ini sangat penting dan pasti digunakan. Salah satu jenis gendongan bayi yang digunakan adalah jenis gendongan bayi selendang, gendongan ini mudah digunakan dan harganya juga ekonomis.

5. Perlengkapan mandi bayi

Di dalam list daftar perlengkapan bayi baru lahir anda juga memerlukan perlengkapan mandi, perlengkapan mandi ini wajib anda masukkan dalam daftar belanja anda, diantaranya adalah bak mandi, sabun dan sampo bayi, washlap juga penting dimasukkan dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir, selain itu juga handuk bayi, pilihlah handuk bayi yang mudah menyerap air dan keringat sehingga bayi anda akan merasa nyaman.

6. Perlengkapan P3k Bayi

Anda perlu mempersiapkan peralatan kesehatan untuk bayi apalagi bayi anda baru memasuki umur 1 bulan maka diperlukan perlindungan ekstra untuk sang bayi dalam beradaptasi dengan lingkungannya, Peralatan P3k yang diperlukan untuk bayi yang baru lahir diantaranya adalah, kapas, termometer, alkohol, perban, salep anti iritasi.

itulah artikel kami mengenai macam aneka perlengkapan bayi baru lahir,  semoga bisa bermanfaat.





0 comments:

Post a Comment