Berita Terbaru
Loading...
Tuesday, May 19, 2015

Kemampuan Gerak Anak Usia Dibawah 1 Tahun

3:45 PM
Kemampuan Gerak Anak Usia Dibawah 1 Tahun
Kemampuan Gerak Anak Usia Dibawah 1 Tahun - Setiap orang tua wajib tahu akan tahap perkembangan dan pertumbuhan dari anaknya, hal itu sangat penting ketika kita mengetahui ada kelainan pada anak yang bisa di deteksi sedini mungkin sehingga bisa langsung memberi tindakan lanjut.

Perkembangan pada anak pada umumnya terbagi atas dua yaitu perkembangan motorik kasar dan perkembangan motorik halus, perkembangan motorik kasar misalnya adalah duduk dan berdiri, motorik kasar melibatkan otot besar dalam bekerja, sedangkan perkembangan motorik halus adalah misalnya menulis, coret coret.

Selain itu juga ada perkembangan bahasa dan perkembangan sosial. Perkembangan bahasa adalah kemampuan anak merespon ketika mendengan suatu suara, mengikuti suatu perintah. Sedangkan perkembangan sosialisasi adalah kemampuan anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Nah berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai kemampuan gerak anak usia dibawah 1 tahun :

1. Umur Usia 1 bulan

Pada umur 1 bulan maka bayi biasa akan melakukan gerakan gerakan yang pada umumnya adalah gerakan reflek, misalnya mencari puting ibunya, membuka mulut, menghisap dan menelan.

2. Umur Usia 2 bulan

Pada umur 2 bulan biasanya bayi sudah bisa melakukan gerakan ringan seperti miring ke kanan dan kekiri, dia sudah dapat membedakan suara dan juga membedakan muka dengan menggunakan matanya, dia dapat mengikuti gerakan benda yang ada di dekatnya, dan biasanya sering melakukan gerakan menghisap benda yang dekat dengan nya. 

3. bayi umur 3 bulan

Bayi umur 3 bulan biasanya dapat melakuakn gerakan misalnya mengangkat dan menurunkan kepala terutama bial diposisikan tengkurap, selain itu adalah senang memegang mainan dengan menggunakan kedua tangannya, selain itu matanya mulai senang bergerak kesana dan kemari untuk melihat sesuatu, serta telinganya mulai suka mendengar suara maupun musik.

4. Bayi umur 4 bulan

Pada umur 4 bulan pada umumnya bayi sudah dapat memegang benda yang diletakkan di tangannya, selain itu bayi juga dapat menggeser tubuhny untuk meraih suatu benda yang berada di dekatnya, bayi usia 4 bulan juga suka memasukkan suatu benda ke mulutnya, selain itu bila dia diposisikan berdiri maka ia suka menginjak injakan kedua kakinya ke lantai, suka tertawa, mulutnya mula banyak mengoceh, senang bermain dengan mainan yang ada.

5. Bayi Umur 5 Bulan

Bayi umur 5 bulan umumnya mulai mengenal siapa saja yang sering berada di dekatnya, misalnya ia akan berhenti menangis ketika mendengar suara ibunya, menangis apabila mainan yang ia punya diambil orang lain. selain itu tangannya juga mulai aktif, memindahkan mainan yang dia punya dari tangan satu ke tangan lainnya, dia dapat menirukan gerakan orang lain. Senyum ketika mendapat perhatian dari orang lain, tertawa ketika berhadapan dengan cermin.

6. Bayi Umur 6 Bulan

Beralik dari posisi telungkup menjadi posisi terlentang maupun sebaliknya.bila didudukan maka ia dapat duduk dengan sendirinya tanpa ditunjang. mulai suka menjatuhkan mainan, meminta diambilkan mainan yang dia punya, mulai suka mengeluarkan suara.

7. Bayi Umur 7 Bulan

Pada usia ini anak mulai bisa mengangkat badannya dengan menggunakan tangan dan lututnya, menggeser badan ke depan maupun ke belakang. Mulai marah ketika mainan yang dia punya diambil orang lain, serta suka membawa kemana aja mainan yang dia sukai, mulai suka berdiri.

8. Bayi umur 8 bulan

pada umur ini bayi sudah mulai bisa merangkak dan sudah bisa duduk dengan sendiri tanpa bantuan orang lain, mampu minum sendiri dengan menggunakan botol, melempar benda yang dia tidak suka, mulai suka berteriak untuk memanggil orang lain supaya datang ke dia. 

9. Bayi umur 9 bulan

Pada usia ini bayi mulai dapat berdiri dengan bantuan tangan nya dipegang. mulai suka berputar putar dan dapat duduk dengan sendiri tanpa bantuan orang lain, suka memasukkan jari jarinya ke dalam lubang, mulai mengerti akan reaksi ketika diperintah.

10. Bayi Umur 10 Bulan

Pada usia ini anak mulai dapat duduk tanpa perlu bantuan, dapat mulai memahami akan perkataan dan juga perintah, mengangkan kedua kakinya ketika anda hendak memakaikan celana, sudah dapat merangkak dengan baik.

11. Bayi umur 11 Bulan

pada umur 11 bulan umumnya bayi sudah dapat mulai berdiri lama, sudah mulai dapat berjalan dengan bantuan atau berjalan dengan dipegang, baik dengan kedua tangan maupun dengan satu tangan. sudah dapat merubah posisi dari posisi berdiri menjadi posisi duduk dengan sendiri tanpa dengan bantuan.

12. Bayi Umur 12 Bulan

Anak umur 1 tahun pada umumnya mulai bisa berjalan meskipun masih belum lancar, lebih banyak merangkak, senang membuka pakaiannya, mulai senang bermain dengan mainan yang ia sukai, punya rasa takut ketika melihat orang yang belum ia kenal serta ketika dalam keadaan yang tidak biasa, mulai bisa berbicara meskipun hanya 2 atau 3 kata saja.

0 comments:

Post a Comment