Berita Terbaru
Loading...
Tuesday, August 25, 2015

Tips Mempersiapkan Kelahiran Anak Pertama

4:08 PM
Tips Mempersiapkan Kelahiran Anak Pertama
Tips Mempersiapkan Kelahiran Anak Pertama - Untuk anda calon orang tua baru, menjelang kelahiran anak pertama merupakan suatu hal yang menegangkan dan mencemaskan namun juga membuat anda merasa senang dan penuh harap akan kelahiran anak pertama anda. Hendaknya kita perbanyak berdoa akan proses kelahiran nantinya berjalan dengan lancar dan tanpa resiko. Kita berharap proses kelahiran nanti dapat berjalan dengan lancar, untuk itu kita perlu persiapan yang lancar jauh jauh hari bahkan berbulan bulan sebelum kelahiran dengan mempersiapkan beberapa hal.
Berikut ini adalah urutan persiapan  yang mestinya anda perhatikan semenjak usia kandungan masih berusia 6 bulan masa kehamilan.

1. Berbelanja perlengkapan bayi dan baju bayi.
Pada usia kehamilan bayi umur 6 bulan, kita tentunya sudah mengetahui jenis kelamin dari bayi yang dikandung dan juga berapa jumlah bayi di dalam kandungan kita. Oleh karena itu kita hendaknya sudah mempersiapkan " perlengkapan bayi baru lahir " nantinya. Minimal adalah anda sudah mempersiapkan perlengkapan seperti selimut, piyama, pakaian tidur bayi, topi, kaos tangan dan kaos kaki, kain kelambu, kaos karet untuk alas tidur bayi, jangan lupa membeli sabun bayi dan shampo bayi. Pada persiapan umur 6 bulan masa kehamilan ini anda tidak perlu memborong mainan bayi ataupun juga perlengkapan bayi yang bersifat sekunder misalnya kolonyet.
Ketika anda akan berbelanja kebutuhan akan perlengkapan bayi untuk anak pertama anda, pastinya anda akan kebingungan untuk pertama kali akan belanja. Oleh karena itu kami menyarankan kepada anda untuk minta bantuan / panduan kepada saudara atau mungkin teman anda yang dulunya sudah pernah melahirkan anak pertama, seperti apa persiapan yang mereka lakukan. Anda juga bisa mencari informasi di internet maupun majalah ataupun juga dengan konsultasi dengan dokter anak.

2. Berbelanja perlengkapan untuk Ibu menyusui
Selain anda mempersiapkan " perlengkapan bayi baru Lahir  " . Anda juga perlu mempersiapkan perlengkapan untuk ibu menyusui nantiny. Ketika anda sudah melahirkan anak pertama anda, maka tubuh anda akan memerlukan proses untuk penyesuaian diantaranya adalah untuk menyusui yang mana nantinya akan mempengaruhi perubahan fisik anda, nah berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang diperlukan untuk ibu menyusui, diantaranya adalah : pembalut khusus untuk ibu melahirkan, payudara untuk ibu yang sedang menyusui, dan perlengkapan untuk memompa ASI.

Alat Pompa ASI

3. Melakukan Latihan Terapi Untuk Memperlancar ASI
terapi untuk latihan memperlancar ASI ini dapat anda lakukan semenjak usia kehamilan 6 bulan, dilakukan dengan cara memijat payudara anda menggunakan minyak bayi, kemudian dipijat secara melingkar ke arah luar. namun pijatan harus dihentikan bila anda merasa kurang nyaman, misalnya terjadi nyeri di perut atau anda merasakan kontraksi di dalam perut.

Anda tidak perlu merasa khawatir apabila ASI yang keluar pertama kali berwarna keruh, karena hal itu wajar untuk ASI yang baru pertama kali keluar. Apabila anda sering melatih terapi untuk memperlancar ASI sejak awal maka nantinya anda akan mudah menyusui bayi anda ketika sudah melahirkan anak pertama anda.
Gambar diatas adalah contoh gambar mengenai terapi ASI ibu menyusui

4. Persiapan Tas Melahirkan
Bila nanti anda akan tahu dimana nantinya saya akan melahirkan, misalnya akan melahrikan di rumah sakit, maka jangan lupa untuk mempersiapkan tas melahirkan, tas melahirkan itu nantinya berfungsi untuk tempat menaruh perlengkapan bayi baru lahir dan juga perlengkapan ibu habis melahirkan nantinya. Sehingga bila ibu nanti sudah tiba waktunya untuk melahirkan maka tinggal membawa tas tersebut yang didalamnya sudah berisi segala perlengkapan yang disiapkan, baik itu perlengkapan bayi baru lahir maupun perlengkapan ibu melahirkan. 

Itulah tadi sedikit tips dari kami mengenai " Tips Mempersiapkan Kelahiran Anak Pertama ". Semoga bisa bermanfaat bagi anda, dan terimakasih telah mengunjungi blog kami. 

1 comments:

  1. I think your blog is very nice and does not know well by many people who read your blog, and my advice if you want to look better, maybe you should always update your blog
    poker88

    ReplyDelete