Berita Terbaru
Loading...
Wednesday, September 2, 2015

Tidak Boleh Membedong Ketat Bayi terutama Paksa Luruskan Kaki Bayi

11:53 PM
Tidak Boleh Membedong Ketat Bayi terutama Paksa Luruskan Kaki Bayi


Tidak Boleh Membedong Ketat Bayi terutama Paksa Luruskan Kaki Bayi Dalam keseharian membedong bayi (swaddling) sangat umum dilakukan pada bayi baru lahir. Namun umumnya orang tidak mengetahui tjuan yang benar dari maksud membedong bayi ini, oleh karena itu membedong bayi sendiri harus diluruskan tujuan serta teknik yang benar.Umumnya orang mempercayai mitos bahwa  membedong bayi itu harus dengan ketat, dimana sebelum mulai akan  membedong bayi, maka kaki bayi harus ditekan dan juga diluruskan dengan tujuan agar dapat mencegah perkembangan kaki bayi di masa mendatang berbentuk O / tidak normal. 

Padahal umumnya  anak yang masih usia kurang dari 2 tahun umumnya bentuk kakinya cenderung O, lalu kemudian berbentuk X sekitar usia 2 tahun. Apabila Ibu khawatir akan  bentuk kaki dan  perkembangan kaki anak tidak normal maka baiknya segera konsultasikan dengan dokter anak. 

Anak ketika masih di dalam Rahim Ibu posisi kaki janin menyilang dan tertekuk seperti ilustrasi pada gambar diatas.

Kemudian  ketika bayi sudah lahir maka posisi kaki bayi juga masih tertekuk (fleksi) atau menyerupai katak (frog) seperti pada gambar diatas.

Oleh karena itu ketika kaki bayi yang masih berupa tulang rawan kemudian dipaksa diluruskan dan ditekan  kemudian di bedong dengan ketat maka hal itu akan sangat membahayakan bayi, Hal itu dapat menyebabkan hip dysplasia (kegagalan sendi panggul untuk berkembang secara normal) dan hip dislocation (dislokasi panggul). Ilustrasinya bisa di lihat pada gambar diatas.

Membedong bayi dengan ketat juga dapat mengakibatkan terganggunya pernafasan bayi secara normal. Selain itu juga membedong bayi dengan ketat Juga dapat mengganggu proses menyusui. Karena menyusui terutama di minggu-minggu pertama kelahiran bayi sangat dianjurkan Ibu dan bayi melakukan kontak kulit dengan kulit (skin to skin contact), Ibu bertelanjang dada dan bayi pun tidak dibedong, hanya mengenakan popok. Cukup pastikan ruangan hangat dan bila masih dingin Ibu dan bayi diselimuti. Bayi perlu tangannya bergerak bebas untuk mencari posisi menyusui dan pelekatan yang nyaman dan baik. Membedong dengan kuat akan dapat menghalangi bayi memberikan tanda ingin menyusui (Feeding Cues.

Tujuan utama dari membedong bayi yang benar adalah untuk menghangatkan dan memberi kenyamanan bagi bayi, terutama bayi baru lahir. Seiring bayi makin besar maka bayi tidak nyaman untuk dibedong walaupun tujuannya untuk menghangatkan dan Ibu/pengasuh dapat memakaikan baju yang cukup tebal dan hangat saja.

Itulah artikel kami mengenai tujuan dari " tidak boleh membedong ketat bayi terutama paksa luruskan kaki bayi". Semoga bermanfaat dan terimakasih telah mengunjungi blog kami.

sumber : Fb Fatimah Berliana Monika Purba

1 comments:


  1. Info buat semuanya siapa tau ini bisa
    berguna bagi Anda yg punya suatu masalah ataupun musibah yg sedang menimpah Anda,,,,,

    Kemarin keluarga kami mengalami suatu permasalahan yg begitu rumit dan sulit buat menyelesaikannya dan masalah tersebut yaitu: masalah Hutang sama rentenir sebanyak 457juta belum bunganya selama kurang lebih 4Thn,,,saya pun bingun harus bagaimana supaya hutang tersebut bisa terlunasi namun untungnya kami mendapat informasi dari seseorang yg saya kenal di media sosial,beliau memberi saran untuk mengaduh nasib dgn cara minta bantuan kepada Ki Barong beliau adalah orang Ahli Tentang Mistik atau Ghaib
    Awalnya si saya dan keluarga percaya ngk percaya,sayapun mencoba menghubungi beliau Alhasil kami dapat bantuan dari beliau kurang lebih setengah bulan kami di bantu Abah Rakso dan akhirnya uang pun terkumpul lebih dari cukup buat melunasi hutang piutang keluarga,Lewat postingan ini saya dan keluarga mengucapkan Terimahkasi Banyak Ki Barong atas jasanya,,
    Dan jika Anda punya masalah seperti ini
    1.Dililit hutang
    2.selalu kalah main togel
    3.masalah Ekonomi
    4.masalah bisnis
    5.masalah kerjaan
    Dan masih banyak yg ngk bisa di sebut satu per satu intinya
    jika Anda ingin mengaduh nasip atau berminat di bantu dalam kesulitan yg Anda punya silahkan TLPN Ki Barong
    NO TLPN:0852 8895 8775
    Atau kunjungi web beliau jika kurang mengerti di http://ramalan-toto.blogspot.com/
    Ingat apapun Masalah atau Musibah Anda tidak ada salahnya mencoba silahkan Sampaikan
    Semuanya sama Beliau,yang namanya usaha berhasil ataupun tidaknya itu persoalan belakan yg penting Niat kita untuk berusaha bukan cuman duduk diam menunggu suatu keajaiban



    Trimah kasi Atas waktunya Salam………

    ReplyDelete