Berita Terbaru
Loading...
Thursday, August 20, 2015

Resep Terbaru Membuat Bubur Bayi Umur 6 Bulan

8:43 AM
Resep Terbaru Membuat Bubur Bayi Umur 6 Bulan
Resep Terbaru Membuat Bubur Bayi Umur 6 Bulan - Untuk anda kaum ibu sangat penting sekali memperhatikan kesehatan anak terutama yang masih bayi, Terlebih lagi bayi yang baru mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI ketika memasuki usia masuk 6 bulan. bagi anda yang baru memiliki anak pertama dan masih bingung cara membuat resep makanan pendamping ASI maka berikut ini kami akan memberikan tips untuk anda ibu-ibu bagaimana cara membuat resep sendiri yaitu resep bubur bayi umur 6 bulan. Ada 4 macam resep bubur bayi untuk umur 6 bulan, berikut ini resepnya :

1. Resep Bubur Jambu Wortel

Bahan bahan yang dibutuhkan :
A. 50 gram wortel, kupas kulitnya dan dipotong kecil-kecil
B. 100 gram jambu biji merah, kupas kulitnya dan buang bijinya
C. 200 ml air yang sudah matang

Cara pembuatan bubur jambu wortel
- Rebus wortel kurang lebih selama tiga menit dengan 100 ml air
- Haluskan daging jambu biji merah dengan 10 ml air dan dituang ke dalam mangkuk kecil
- Wortel dihaluskan bersama dengan sisa air, kemudian dituangkan ke dalam bubur jambu, suapkan ke si kecil

Nila gizi per porsi dari bubur jambu wortel adalah mengandung kurang lebih energi sebanyak 36 kalor, karbohidrat sebanyak 9 gram, protein sebanyak 1 gram, serat 3 gram.
2. Resep Bubur TIM Saring Ikan Teri

Bahan bahan yang diperlukan :
A. Air sebanyak 60 CC
B. Beras sebanyak 25 gram
C. Tempe sebanyak 30 Gram'
D. Daun Bayam 30 gram
E. Tomat sebanyak 30 Gram
F. 1 SDM ikan teri medan duduk
G. Minyak sayur sebanyak 1 sdm'
H. Minyak sayur sebanyak 1 sdm

Cara pembuatan resep bubur Tim Saring ikan teri

Setekah ikan teri medan selesai dicuci hingga bersih maka selajutnya adalah dengan di sangrao hingga menjadi kering dan berwarna coklat lalu diangkat. kemudian tumbuk hingga menjadi halus dan simpan di tempat khusus dengan wadah tertutup

Pembuatan Resep Bubur Tim Saring Ikan teri :
Satukan air dan juga beras serta tempe, kemudian rebus hingga berubah menjadi bubur, kemudian masukkan tomat, bayam, ikan teri bubuk dan tunggu hingga matang. Masukkan minyak selagi diaduk, kemudian dinginkan, terakhir adalah haluskan dengan menggunakan blender/ gunakan saringan kawat.

3. Resep Bubur Beras Merah Wortel
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep bubur beras merah wortel :
Tepung beras meras sebanyak 2 sdm, air putih matang sebanyak 100 ml, ASI 200 ml kemudian 60 gram wortel yang sudah direbus dan dihaluskan.

Cara membuat Bubur Beras Merah Wortel :
Pertama adalah dengan melarutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga menjadi rata. Kemudian jerang ke dalam api kecil hingga menjadi matang, masukkan wortel dan aduk hingga rata. Terakhir dengan menuangkan ASI / bisa juga dengan susu formula aduk hingga menjadi rata.

Nila Gizi per porsi dari bubur beras merah wortel ini adalah mengandung energi sebanyak 80 Kkal, protein 3 gram, lemak sebanyak 1 gram, karbohidrat 15 gram.


4. Resep Puree Kacang Hijau
Bahan bahan yang dibutuhkan dalam membuat resep Pure Kacang Hijau :
yaitu kacang hijau yang telah dicuci bersih sebanyak 2 sendok makan, 200 cc air, 50 cc ASI perah atau bisa juga menggunakan susu formula.

Cara membuat Resep Puree kacang Hijau :
Rebus kacang hijau hingga matang dengan menggunakan api yang sedang selama kurang lebih 20 menit, kemudian haluskan kacang hijau namun jangan dengan cara diblender, kemudian saring kacang hijau supaya kulitnya tidak ikut termakan, tambahkan ASI/susu formula dan juga air rebusan kacang hijau, kemudian siap untuk disajikan.

Itulah tadi 4 macam resep makanan penunjang ASI untuk bayi umur 6 bulan yang bisa anda coba dirumah, selain sehat dan bergizi dan juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan si kecil. selamat mencoba.

1 comments: